Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2021): Februari

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Medi Visual Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA

Ni Ketut Ayu Tri Yanayanti (Jurusan Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha)
DB. Kt. Ngr. Semara Putra (Unknown)
I. G. A Agung Sri Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berbantuan media visual. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yang terdiri dari kelompok eksperimen yang berjumblah 32 siswa dan kelompok kontrol berjumblah 37 siswa. Pengumpulan data hasil belajar IPA dilakukan dengan metode tes dan instrument yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung= sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 67 diperoleh nilai ttabel= sehingga thitung = 6,611 > ttabel = 1,993. Berdasarkan kriteria pengujian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Corse review Horay dan kelompok yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Rata-rata hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu 87,031 > 1993. Dengan demikian dapat disimpulkan, model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berbantuan media visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA SD.Kata kunci: CRH, media visua, hasil belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMTP

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) is specifically publish journal articles in the field of innovation in education and teaching learning in the classroom especially learning at an early age level, primary education, to higher education. Therefore, the scope of JMTP includes: 1) ...