JURNAL CURERE
Vol 5, No 2 (2021): VOL 5 NO 2 Tahun 2021

EVALUASI EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN E-LEARNING (STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN OLAHRAGA UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI

Julius Boy Nesra Basgimata Barus (UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI)
Janwar Frihasan Sinuraya (Universitas Quality Berastagi)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi efektifitas pembelajaran menggunakan e-learning di Program Studi Pendidikan Olahraga Universitas Quality Berastagi semenjak merebaknya pandemi corona virus disease 2019 (covid-19) di Indonesia. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan mempertimbangkan homogenitas populasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode survey dengan angket dan wawancara yang dilakukan secara online. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-learning pada program pendidikan olahraga efektif dengan kecenderungan sebesar 70,19%. Kegiatan mahasiswa dalam pembelajaran e-learning yaitu mengikuti UTS dan UAS (100%), aktif diskusi dan mengerjakan tugas (80%). Keluhan selama mengikuti pembelajaran e-learning termasuk dalam tidak ada keluhan berarti hanya saja sebagian dari mahasiswa bekerja, tidak memiliki kuota internet dan jaringan yang cenderung tidak stabil.  Sedangkan untuk keluhan psikologis hanya 14% mahasiswa yang bosan/jenuh dikarenakan mengikuti pembelajaran e-learning, akan tetapi 84% tidak ada keluhan. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CURERE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal contains writings on the results of research in the field of Teacher Training either from Universitas Quality Lecturers and or from the others. The scopes of the research includes curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education ...