Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran debate pada pelajaran PPKN pokok bahasan Bela Negara di kelas X, SMA Cerdas Bangsa Delitua. Dan apakah model debate dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukakn di SMA Cerdas Bangsa Delitua kelas X, dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang dengan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus dengan menggunakan alat pengumpul data berupa ; lembar observasi, angket dan test. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan pada siklus I perlu di lakukan refleksi dan dilanjutkan pada siklus II diperoleh hasil : bahwa dengan menggunakan model pembelajaran debat hasil belajar siswa tuntas secara klasikal, ketercapaian tujuan pembelajaran tuntas secara keseluruhan, pelaksanaan pembelajaran sudah berkategori baikdan respon siswa berkategori positif hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran debat adalah efektiv dan dapat meningkatkan hasil belajar, sehingga model debat dapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran pada mata pelajaran PPKN.
Copyrights © 2021