Agrita
Vol 2, No 2 (2020): December

PENGARUH HARGA DAN KUALITAS BERAS MERAH TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi KAasus di CV. PURE Cianjur)

Ahmad Nur Rizal (Fakultas Sains Terapan,Universitas Suryakancana)
Asep Saepul Alam (Fakultas Sains Terapan,Universitas Suryakancana)
Fira Wahyuni (Fakultas Sains Terapan,Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2020

Abstract

Beras merah merupakan beras khusus  untuk kesehatan karena memiliki sejuta manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia, namun konsumen beras merah relative sedikit dibandingkan dengan beras lainnya sehingga harga beras merah lebih tinggi atau mahal. Harga dan kualitas harus senantiasa diperhatikan dalam suatu usaha, sehingga konsumen bersedia membeli dan usaha yang di lakukan mendapat keuntungan serta bisa mendapatkan pelanggan yang tetap. Penelitian ini di lakukan di CV. Pure Cianjur dari bulan November 2019 sampai Agustus 2020 dengan tujuan 1). Mengetahui apakah harga secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, 2). Mengetahui apakah kualitas secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, 3). Mengkaji apakah harga dan kualitas beras merah secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan pada 70 responden yang mengkonsumsi beras merah dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai regresi variabel harga ditunjukan dengan nilai t hitung > t table yaitu 2.698 >1.996 dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05 yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Sedangkan besarnya nilai regresi variabel kualitas ditunjukan dengan dengan nilai t hitung > dari t tabel 3.357 >1.996 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Secara simultan variabel harga dan kualitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak.

Copyrights © 2020