Agrita
Vol 3, No 1 (2021): June

PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS HITAM (Oryza Sativa L. Indika) DI USAHA BERAS SEHAT “SAWAH BAIK CIANJUR”

Adang Suryana (Fakultas SainsTerapan, Universitas Suryakancana)
Ahmad Nur Rizal (Fakultas SainsTerapan, Universitas Suryakancana)
Rendi Hermawan (Fakultas SainsTerapan, Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2021

Abstract

Akhir-akhir ini beras hitam mulai populer dan dikonsumsi oleh sebagian masyarakat sebagai bahan pangan fungsional karena secara alami atau melalui proses tertentu mengandung satu atau lebih senyawa yang dianggap mempunyai fungsi fisiologis yang bermanfaat bagi kesehatan, sehingga menjadi tren kesehatan bagi konsumen. Oleh karena itu selain faktor produk terhadap keputusan membeli konsumen tersebut faktor lain yang dapat dikontrol perusahaan untuk mempengaruhi keputusan membeli adalah 4P yaitu product (Produk), price (harga), promotion (Promosi), dan place/distribution (tempat). Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh setrategi pemasaran terhadap keputusan pembeli beras hitam (Oryza sativa L.Indica) diusaha beras sehat Sawah Baik Cianjur. Dengan responden sebanyak 60 menggunakan metode kuota sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa yang terkait strategi pemasaran terhadap keputusan pembelian adalah faktor produk mempunyai pengaruh yang positif dan tidak berpengaruh signifikan secara parsial, harga berpengaruh yang positif dan tidak berpengaruh signifikan secara parsial, promosi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial dan tempat berpengaruh yang negatif dan tidak signifikan secara parsial. Pengaruh secara simultan, strategi pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian

Copyrights © 2021