Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 1, No 2 (2021): Desember

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TOMAT DI PASAR MUKA CIANJUR

Yuni Apriliani (Universitas Suryakancana)
Asep Saepul Alam (Universitas Suryakancana)
R Selfi Nendris Sulistiawan (Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Tomat (Lycopersicon esculentum Mill) adalah salah satu komoditas unggulan hortikultura di Indonesia yang merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat berpotensi untuk dikembangkan, tomat banyak mengandung zat gizi yang baik dan kandungannya banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk memasak, mengobati berbagai penyakit seperti sariawan, beri-beri, radang saraf, dan untuk industri pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian tomat di Pasar Muka Cianjur. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan menggunakan metode accidental sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 100 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji F, uji t dan analisis koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil yang diperoleh diketahui bahwa Kualitas Produk (X1) memiliki pengaruh yang signifikan (nyata) terhadap keputusan pembelian di Pasar Muka Cianjur. Hal ini ditunjukan dengan nilai thitung> ttabel yaitu 2.039 > 1.985, nilai signifikansi 0.004 < 0.05. Harga (X2) memiliki pengaruh yang signifikan (nyata) terhadap keputusan pembelian tomat di Pasar Muka Cianjur. Hal ini ditunjukan dengan nilai thitung> ttabel yaitu 4.540 > 1.985, nilai signifikansi 0.00 < 0.05. Variabel Kualitas Produk (X1) dan Harga (X2) memiliki pengaruh yang signifikan (nyata) terhadap keputusan pembelian hal ini ditunjukan dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu 20.577 > 3.94, nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Adapun uji koefisien determinasi menunjukan 29,8% pengaruh dari variabel kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian sedangkan sisanya 70,2 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jubis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

jurnal hasil penelitian yang berkaitang dnegan ilmu pengelolaan sumber daya manusia, logistik, operasional, pemasaran, hingga manajemen perusahaan. Adapun ruang lingkup jurnal sebagai berikut : Administration, Business Ethics, Consumer behavior, Digital Marketing, Entrepreneurship, Management, ...