Empowerment Journal
Vol. 2 No. 1 (2022): Maret

OPTIMALISASI PERAN KADER AISYIYAH DALAM PROGRAM KELUARGA BERENCANA MELALUI DESIMINASI SISTEM INFORMASI KONTRASEPSI RASIONAL (SIKONTRAS)

Ita Permatahati (Universitas 'Aisyiyah Surakarta)
Rina Sri Widayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2022

Abstract

Peran program KB sangat besar pengaruhnya terhadap kesehatan reproduksi seseorang, baik itu untuk kesehatan reproduksi wanita maupun kesehatan reproduksi pria. Peran KB bagi kesehatan reproduksi wanita diantaranya yaitu menghindari dari bahaya infeksi, eklamsia, abortus, emboli obstetri, komplikasi masa puerpureum (nifas), serta terjadinya pendarahan yang disebabkan karena sering melakukan proses persalinan (Depkes, 2007). Kegiatan berlangsung tiga hari dengan  menyesuaikan jadwal dari objek, pelaksanaan kegiatan melibatkan mahasiswa untuk dapat membantu berjalannya kegiatan. kegiatan tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu hidup sehat dan bersih sesuai anjuran pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid 19. Metode yang digunakan pendekatan edukasi kepada mitra terkait perencanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Sosialisasi terkait sistem SIKONTRAS, Simulasi mengakses sistem SIKONTRAS, dengan alamat URL sikontras.aiska-university.ac.id, Pendampingan langsung dalam kegiatan praktikum penerapan media promosi kesehatan berbasis website, Ceramah dan parktik langsung menggunakan sistem SIKONTRAS. Hasil peningkatan pengetahuan tentang system SIKONTRAS beserta contens yang ada didalamnya, dari 20 % berpengetahuan baik menjadi 80 % berpengetahuan baik, Peningkatan ketrampilan dari 30 % mampu mengakses  system mejadi 100 % mampu mengakses system tersebut dan mempraktikkan kepada klien.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

empowerment

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Health Professions Public Health Other

Description

Empowerment Journal : jurnal pengabdian kepada masyarakat adalah terbitan berkala nasional yang memuat artikel dari hasil diseminasi kegiatan pengabdian masyarakat yang berbasis research dalam bidang keilmuan multidisiplin, yaitu pendidikan, teknik informasi, sosial humaniora, manajemen, dan ...