Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol 4, No 3 (2016)

PENGEMBANGAN MODUL IPA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA TOPIK OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH JAYAPURA

NURCAHYA NURCAHYA (Unknown)
BASA RUMAHORBO (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2018

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul Pengembangan Modul IPA Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Topik Objek IPA Dan Pengamatannya di Kelas VII SMP Muhammadiyah Jayapura. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: cara merancang modul IPA, tingkat kelayakan modul IPA yang dikembangkan, hasil belajar siswa dengan menggunakan modul IPA, dan efektivitas modul IPA pada topik objek IPA dan pengamatannya di kelas VII SMP Muhammadiyah Jayapura. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3D dan menggunakan rancangan nonequivalent group pretest-posttest design. Hasil dalam penelitian ini adalah: 1) cara merancang modul IPA dengan pendekatan kontekstual yang baik yaitu mengumpulkan informasi awal, pembuatan draf, validasi pakar, dan uji coba produk, 2) modul layak untuk dilkembangkan, 3) hasil belajar siswa dengan menggunakan modul IPA meningkat dengan n-Gain: RPP1 0,434, RPP2 0,765, RPP3 0,612 dan rata-rata RPP 0,604 berkategori sedang, 4) modul efektif untuk dikembangkan. Kata kunci: modul IPA, pendekatan kontekstual, objek IPA dan pengamatannya

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia (JIPI) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program magister Pendidikan IPA, Program Pascasrjana Universitas cendrawasih. JIPI terbit 3 kali dalam setahun pada bulan Februari, Juni dan Oktober. JIPI merupakan sarana publikasi bagi akademisi dan ...