Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2020): April

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING DI KELAS V SEMESTER 2 SDN WANAREJA 01

Eko Riyadi (SD Negeri Wanareja 01)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan membandingkan nilai tes antar siklus dan indikator lainnya. Dengan teknik pengumpulan data, tes, observasi siswa, analisis data dengan metode persentase. Prosedur pelaksanaan perbaikan pembelajaran dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melaui model inkuiri terbimbing mengalami peningkatan persiklus pada pretes nilai rata-rata 53 meningkat menjadi 70 pada sikulus I, meningkat lagi pada sikulus II yaitu pretes 66 menjadi 85. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan pada prasiklus 2 siswa (5,4 %), meningkat menjadi 15 siswa (41%). Pada siklus 2 prasiklus 8 siswa (21,6%) meningkat menjadi 37 siswa (100%). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan (JIC) adalah jurnal terbitan CV. Tripe Konsultan bekerja sama dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) guru kelas Kec. Wanareja yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2020. Jurnal Insan Cendekia menerima manuskrip baik dari artikel asli maupun literature review. Jurnal ...