Penelitian berjudul Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Materi Penyajian Data Pada Siswa Kelas VI Semester II SD Negeri Jenang 02 Tahun Pelajaran 2019/2020. Dengan subjek penelitian berjumlah 39 anak terdiri dari 16 laki-laki dan 23 perempuan. Penelitian ini dilakukan karena prestasi belajar siswa rendah pada kondisi pra siklus dengan nilai rata-rata 68,97. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, tiap-tiap siklus menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes, dan observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika 85% dari siswa tuntas belajar serta menunjukan peningkatan motivasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dari pra siklus, siklus I dan siklus II yaitu pada pra siklus mencapai 53,86% masuk pada ketegori cukup (kriteria agak termotivasi) meningkat pada siklus I mencapai 74,36% masuk pada ketegori tinggi (kriteria termotivasi) meningkat lagi menjadi 94,87% masuk pada kategori sangat tinggi (kriteria sangat termotivasi) pada siklus II. Hasil prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hasil prestasi belajar siswa pada pra siklus mencapai rata-rata 68,97 meningkat pada siklus I mencapai rata –rata 76,41 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 86,79. Dari hasil penelitian, ketuntasan belajar mengalami peningkatan pada siklus I (69,23%) dan pada siklus II (100%), terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar (30,77%). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa.
Copyrights © 2020