TROPHICO: Tropical Public Health Journal
Vol. 1 No. 1 (2021): TROPHICO: Tropical Public Health Journal

Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Ketahanan Pangan Selama Pandemi COVID-19 di Kecamatan Bilah Barat

Zuhrina Aidha (Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
Reni Agustina Harahap (Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Pandemi COVID-19 yang sedang dihadapi secara global menyebabkan masalah pada sektor kesehatan, dan sektor lain seperti ekonomi, pertanian, dan sosial masyarakat. Beberapa negara termasuk Indonesia menerapkan kebijakan bekerja dan sekolah dari rumah untuk mencegah peningkatan penularan COVID-19. Kebijakan ini memberikan dampak terhadap kehidupan ekonomi keluarga. Salah satu cara untuk membantu ekonomi dan memenuhi pangan keluarga adalah dengan pengoptimalan sumberdaya yang ada di suatu wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanggapan masyarakat tentang kegiatan pemberdayaan masyarakat dan manfaat pemberdayaan masyarakat dalam upaya ketahanan pangan di Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhan Batu selama pandemi COVID-19. Sasaran dalam penelitian ini adalah masyarakat dan unsur pemerintahan di Kecamatan Bilah Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan action research. Aksi yang dilakukan adalah membagi kelompok masyarakat di 10 desa/kelurahan di Kecamatan Bilah Barat. Setiap kelompok beranggotakan 10 orang, sehingga yang terlibat dalam aksi ada 100 orang. Kelompok diberi bibit sayuran (cabai, tomat, terong) dan pelatihan menanam bibit tersebut, kemudian dimonitoring dengan melihat perkembangan bibit dan dievaluasi dengan melihat hasil produksi, dan menanyakan tanggapan, manfaat dari pemberdayaan yang dilakukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masyarakat mengatakan pemberdayaan masyarakat dan pelatihan menanam bibit pohon produktif seperti cabai, tomat dan terong dalam upaya ketahanan pangan di Kecamatan Bilah Barat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Manfaat yang dirasakan masyarakat dibagi 3 kategori, yaitu sangat baik (57%), baik (38%) dan kurang (5%). Tanggapan masyarakat dari pemberdayaan yang dilakukan juga baik (88%). Peneliti menyarankan kepada pemerintah untuk melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat secara rutin agar memberikan dampak yang baik bagi masyarakat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

trophico

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

TROPHICO: Tropical Public Health Journal is a journal published by TALENTA Publisher, Universitas Sumatera Utara and managed by Faculty of Public Health, Universitas Sumatera Utara. TROPHICO publishes research articles in the field of public health or other disciplines related to public health that ...