HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education
Vol 1 No 2 (2021)

Pengembangan Media Puzzle Berbasis Kartu Kata Bergambar pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas V di SD Negeri 1 Mendo Barat

Nila (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Siti Nurjanah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang terkait terhadap penilmbelajaran yang digunakan sangat sederhana seperti halnya dalam proses pembelajaran guru memanfaatkan pedoman buku-buku yang ada diperpustakaan, buku lks dan sebagainya yang dapat digunakan dalam proses mengajar. sehingga membuat peserta didik menjadi bosan serta ketertarikan dan minat peserta didik kurang dan sulit memahami pembelajaran saat berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pengembangan media puzzle berbasis kartu kata bergambar pada materi daur hidup hewan yang dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian Research And Development (R&D) yang menggunakan model Bord and Gall terdiri dari 10 tahapan yang meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produksi masal. Teknik dan instrumen pengumpulan data yaitu interview (wawancara), kuesioner (angket), dan dokumentasi. Penilaian ahli media puzzle berbasis kartu kata bergambar sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi berdasarkan saran ahli. Presentase kelayakan yang diberikan oleh ahli materi yaitu 92% (sangat layak), oleh ahli media yaitu 83,1% (sangat layak) dan oleh ahli bahasa yaitu 80% (layak). Hasil uji coba produk (skala kecil) memperoleh presentase sebesar 96,7% (sangat layak) dan hasil uji coba pemakaian (skala besar) memperoleh presentase sebesar 98,8% (sangat layak). media puzzle berbasis kartu kata bergambar pada materi daur hidup hewan yang telah dikembangkan serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada kelas V.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

HJIE

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Aims and Scope The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and theoretical research ...