PEKBIS
Vol 1, No 02 (2009)

PENINGKATAN KOMPETENSI MATA KULIAH AKUNTANSI MANAJEMEN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT-CENTERED eLEARNING (SCeL)

Gusnardi ' (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2012

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi matakuliah Akuntansi Manajemen melalui penggunaan model pembelajaran student-centered elearning (SCeL), yaitu mahasiswa akan mampu menjelaskan konsep kosuntuk kepentingan manajemen (kompetensi learning to know) dan mampumenggunakan data/informasi akuntansi manajemen.Desain model pembelajaran SCeL pada mata kuliah Akuntansi Manajementerdiri dari: (1) kualifikasi model pembelajaran, (2) implementasi modelpembelajaran, dan (3) evaluasi model pembelajaran. Kualifikasi modelpembelajaran SCeL pada mata kuliah Akuntansi Manajemen, antara lain: 1)Kecukupan materi secara elektronik, 2) Iklim pembelajaran yang konstruktif, dan 3)Penggunaan komputer sebagai sumber pengetahuan dan media komunikasi.Dari seluruh hasil pelaksanaan perkuliahaan terhadap mata kuliah AkuntansiManajemen, maka dapat disimpulkan bahwa sistem pembelajaran dengan metodestudent-centered eLearning (SCeL) cukup efektif digunakan dalam meningkatkankualitas pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah Akuntansi Manajemen.Seperti tabulasi atas kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa mengacu padakuesioner SCeL Motschnig dan Holzinger (2002). Berdasarkan hasil kuesioner yangditabulasi didapat nilai rata-rata lebih besar 3,5. Hal ini menunjukkan bahwa modelini cukup baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalammemahami mata kuliah Akuntansi Manajemen.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JPEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

PEKBIS menerbitkan artikel bidang ilmu pendidikan, ekonomi, dan bisnis. dengan sub bidang: Pendidikan ekonomi Manajemen Pendidikan Akuntansi Manajemen Koperasi Usaha Kecil Menengah Manajemen Keuangan Bisnis ...