IRAMA JURNAL SENI DESAIN DAN PEMBELAJARANNYA
Vol 1, No 2 (2019): IRAMA: JURNAL SENI DESAIN DAN PEMBELAJARANNYA

Pengaruh Pembelajaran Dance Pattern Design Terhadap Kecerdasan Spasial Siswa Kelas VII C SMP Pasundan 2 Bandung

dalatina peloggia gustianingsih (Departemen Pendidikan Seni Tari - FPSD Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Indonesia)
Trianti Nugraheni (Departemen Pendidikan Seni Tari - FPSD Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Indonesia)
Agus Supriatna (Departemen Pendidikan Seni Tari - FPSD Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2021

Abstract

Tulisan ini secara umum bertujuan untuk memperoleh data dan mendeskripsikan tentang pengaruh pembelajaran dance pattern design terhadap kecerdasan spasial siswa. Penelitian ini terfokus pada siswa kelas VIII C di SMP Pasundan 2 Bandung. Hal ini diawali dengan adanya beberapa ketimpangan dalam diri siswa, khususnya kurangnya kepekaan individu dalam  hal mengantri, kurangnya kontrol diri dalam menyesuaikan diri dengan ruang yang ada, hilangnya kepekaan akan sesama, sempitnya gaya berpikir dalam mengembangkan, menuangkan dan menyesuaikan imajinasi terhadap kehidupan sehari-hari, yang mana hal-hal tersebut termasuk kedalam ranah visual-spasial siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Kuantitaif Pre- Experimental  dengan jenis metode One-Group Pre-test – Post-test Design, yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding, populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Pasundan 2 Bandung dengan sampel yang berjumlah 31 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan dari pembelajaran dance pattern design (dalam beberapa tari kelompok nusantara). Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil t hitung t tabel yaitu 8,346 1,697 yang mana menjadikan Ha diterima atau adanya pengaruh. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran dance pattern design (desain pola lantai) berpengaruh cukup signifikan terhadap kecerdasan spasial siswa yang terlihat dari perubahan siswa dalam hal memahami hubungan spasialnya, menyesuaikan diri serta menempatkan diri terhadap akan ruang fisik dan imajiner dari setiap individu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

irama

Publisher

Subject

Arts

Description

IRAMA Jurnal Seni Desain dan Pembelajarannya publishes papers regularly twice times a year issued by the Faculty of Art and Design Education Universitas Pendidkan Indonesia Bandung Indonesia IRAMA Jurnal Seni Desain dan Pembelajarannya provides open access to the public to read abstract and complete ...