Tarbiyah
Vol 1, No 2 (2014)

IMPLEMENTASI KURIKULUM TERPADU DI SEKOLAH DASAR ISLAMI TERPADU QARDHAN HASANA BANJARBARU

Samdani, Samdani ( Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2014

Abstract

Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa matapelajaran agama yang dialokasikan oleh KementerianPendidikan Nasional dirasa kurang mendukungtercapainya tujuan pendidikan nasional yang sangatkomprehensif. Oleh karena itu, perlu adanyakeseimbangan dan keterpaduan antara mata pelajaranumum dan agama untuk mencapai tujuan pendidikannasional secara menyeluruh. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penerapan kurikulum terpadu diSekolah dasar Islami Terpadu Qardhan Hasana belumoptimal, namun telah ditemukan unsur-unsur penerapankurikulum terpadu dalam penerapannya di Sekolah DasarIslami Terpadu Qardhan Hasana Banjarbaru. Hasil yangdicapai dalam penerapan kurikulum tersebut terlihat dariprestasi peserta didik meliputi prestasi akademik dan nonakademik.

Copyrights © 2014