Teks: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 7, No 2 (2022): TEKS

PELUANG PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PUISI DI SMP DENGAN TEKNIK AKROSTIK

Eni Riswanti (UNIVERSITAS PGRI SEMARANG)
Sri Suciati (Unknown)
HARJITO HARJITO (UPGR)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran puisi di SMP dengan teknik akrostik. Penelitian dilakukan dengan menggunakan modifikasi metode Research and Development oleh Borg dan Gall. Tahap pengembangan pembelajaran meliputi 1) analisis kurikulum, mencari sumber pustaka (studi literatur), penyebaran angket kebutuhan guru dan siswa, dan penyusunan prototipe pembelajaran; 2) tahap validasi pembelajaran yang dilakukan dengan cara menghadirkan pakar atau ahli dan guru; 3) tahap uji coba pembelajaran di dua sekolah penelitian; dan 4) menganalisis hasil uji coba dan penyempurnaan pembelajaran. Hasil analisis kebutuhan guru dan kebutuhan peserta didik terhadap pembelajaran puisi dengan teknik akrostik  terkait kendala yang dihadapi guru dan peserta didik dalam pembelajaran sebesar 92,82%; kebutuhan pembelajaran puisi terkait kondisi awal terhadap pembelajaran sebesar 97,1%, kebutuhan pembelajarn puisi terkait pengetahuan awal pemahaman materi puisi sebesar 81,01% merasakan kesulitan menentukan tema, kebutuhan pembelajaran puisi terkait penggunaan teknik akrostik sebesar 86,95%. Artinya, 89,47% peluang untuk pengembangan pembelajaran puisi dengan teknik akrostik di SMP. Kata Kunci : pembelajaran, puisi, teknik akrostik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

teks

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah TEKS Program S2 PBSI memuat hasil analisis, pemikiran, dan penelitian yang berkaitan dengan bahasa, sastra, dan pengajarannya. Terbit dua kali dalam setahun. Dikelola dengan penanggung jawab ketua program studi, dan diterbitkan atas dukungan penuh Universitas PGRI Semarang. Manajerial ...