JURNAL MANAJEMEN MOTIVASI
Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Manajemen Motivasi

Dampak Orientasi Kewirausahaan dan Strategi Usaha Terhadap Daya Saing Dalam Meningkatkan Kinerja Bisnis (Studi Kasus Pelaku UMKM Pemerintah Kabupaten Kuningan)

Dikdik Harjadi (Universitas Kuningan)
Wely Hadi Gunawan (Universitas Kuningan)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

UMKM memiliki peran strategis dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Namun, di masa pandemi ini, UKM menghadapi kendala seperti penjualan yang berkurang, modal distribusi yang terbatas, masalah bahan baku, dan produksi yang berkurang. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis Penelitian ini mengembangkan model teoritis berdasarkan Model Persamaan Stuktural (SEM) yang diuji menggunakan Amos 1.8 sebagai alat analisis.  Responden dari penelitian ini adalah 130 konsumen produk UMKM di Kabupaten Kuningan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Orientasi Kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap daya saing, Strategi bisnis berpengaruh terhadap Daya saing, orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja bisnis, Strategi bisnis tidak berpengaruh Kinerja bisnis, Daya saing   berpengaruh terhadap kinerja bisnis. Impilkasi dalam penelitian ini  adalah Orientasi kewirausahaan dalam penanganan melakukan bisnis dalam UMKM Seseorang berani mengambil risiko dapat didefinisikan sebagai seseorang yang berorientasi pada peluang dalam ketidakpastian konteks pengambilan keputusan, Strategi Bisnis yang dilakukan memberikan dampak meningkatkan  daya saing dibandingkan pesaing. Pelaku Bisnis  diharapkan dapat meningkatkan kinerja bisnisnya dengan tetap membangun produk lebih baik lagi dengan meningkatkan pemasaran melalui digital marketing. Begitu pula menginovasi produk dapat meningkatkan profit dari bisnis tersebut. Keterbatasan dalam penelitian ini karena waktu yang sangat singkat, para peneliti membagikan kuesioner sehingga banyak responden yang tidak dapat diwawancarai secara mendalam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jm_motivasi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Motivasi (JMM) adalah Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak yang diterbitkan secara berkala 2 (dua) kali dalam satu tahun (Juni dan Oktober) sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan di bidang ilmu manajemen ...