Indonesian Journal of Instruction
Vol. 1 No. 1 (2020): January 2020

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Portofolio untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas XI Aph C SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019

Ni Luh Kusuma Dewi (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ni Nyoman Parwati (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI APH C SMK Negeri 1 Singaraja sebanyak 35 orang peserta didik pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Data hasil belajar peserta didik diambil melalui tes awal menggunakan soal uraian. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 6,17% dari 69,12% padda siklus I dan terakhir meningkat menjadi 75,29% pada siklus II. Pada siklus II, ketuntasan belajar peserta didik telah mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%. Peningkatan terjadi melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan portofolio dengan penekanan pada: (1) pembelajaran berpusat pada peserta didik, (2) pembelajaran berbasis pada masalah sehari-hari, (3) pemberian bimbingan dan motivasi kepada siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Instruction (IJI) is an internationally recognized journal in the field of education and is published four times a year (in January, mei september). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum ...