Indonesian Journal of Instruction
Vol. 1 No. 2 (2020): May 2020

Video Pembelajaran Matematika Berbasis Model CORE Materi Bangun Ruang Bola untuk Siswa Kelas VI SD

Ni Made Damayanti Dwi Lestari (Universitas Pendidikan Ganesha)
Gusti Ngurah Sastra Agustika (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2021

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar sumber belajar dan media pembelajaran yang digunakan masih menekankan pada proses belajar secara menghapal. Siswa tidak mampu memaknai informasi yang diperoleh sehingga informasi tersebut mudah dilupakan. Tujuan penelitian ini adalah video pembelajaran matematika berbasis model core materi bangun ruang bola untuk siswa kelas VI SD. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) sebagai tahapan pengembangan video pembelajaran. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi dan wawancara tak terstruktur. Metode analisis data menggunakan analisis diskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Video pembelajaran dinayatakan layak berdasarkan dari hasil uji coba produk oleh subyek uji coba yaitu hasil penilaian ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor (96,15%) dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor (91,67%) dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor (94,64%) dengan kualifikasi sangat baik dan hasil penilaian siswa melalui uji coba perorangan memperoleh persentase skor (92,36%) dengan kualifikasi sangat baik. Maka, video pembelajaran yang dikembangkan memperoleh kualifikasi sangat baik, sehingga video pembelajaran sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari hasil penelitian yaitu guru dapat menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah dalam proses pembelajaran matematika.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Instruction (IJI) is an internationally recognized journal in the field of education and is published four times a year (in January, mei september). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum ...