PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 8 No 1 (2022): PEDAGOGI

EFEKTIVITAS WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS IV SD 101871 SIDODADI

Rabiatul Adawiyah (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan)
Umar Darwis (2Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Daring Di  Kelas IV SD 101871 Sidodadi. Jumlah sampel 28 siswa Di Kelas IV SD 101871 Sidodadi. Teknik analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini metode kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar wawancara, kuesioner, alat tulis/ alat rekam. Hasil pembahasan penelitian menyatakan bahwa Efektivitas whatsapp sebagai media pembelajaran daring selama pandemik membantu para guru   dalam proses pembelajaran. Aplikasi yang dihadirkan sangat ramah, praktis dan tidak banyak pemilihan aturan  yang harus dilakukan ketika mengoperasikannya Hambatan yang terjadi selama menggunakan media whatsapp disaat pembelajaran daring, ketika Murid tidak mempunyai koneksi internet atau paket internet., Murid tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli paket internet sehingga pelaksanaan belajar mengajar terhenti dan anak tidak mendapatkan pengajaraan pada hari itu, Sinyal di satu desa tersebut mengalami gangguan sehingga murid tidak bisa menerima pesan dari Guru untuk kegiatan tersebut, akhirnya murid hanya memiliki alat komunikasi atau HP 1 buah dan dipergunakan untuk lebih dari satu orang dirumah tersebut, sehingga pengalaman kami saat melihat kondisi tersebut anak selalu bergantian dengan abang atau kakak atau adiknya dalam penggunaan HP tersebut. Terkadang orang tuanya juga mempergunakan HP tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan adalah jurnal peer-review untuk membahas dan menyebarkan analisis orisinal dan kritis tentang berbagai masalah pendidikan kontemporer. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan, guru, pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti. Jurnal ini ...