Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE)
Vol 2, No 1 (2022): April 2022

Workshop Pengabdian dalam Penyusunan Instrumen Penilaian Menggunakan Aplikasi Quizizz

Nurul Aini Azkiyyah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Anggi Pratama Fauzi (Indonesian Education University)
Almira Permata Sari (Indonesian Education University)
Ibus Bustami (Indonesian Education University)
Hasna Fatimah Ramdani (Indonesian Education University)
Rina Yuliana Akub (Indonesian Education University)
Sofyan Iskandar (Indonesian Education University)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Kegiatan pengabdian menggunakan aplikasi Quizizz sebagai alternatif pembelajaran online pada saat pandemi Covid-19 untuk meningkatkan kompetensi guru Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah metode ceramah, diskusi tanya jawab dan demonstrasi. Pengabdian ini ditujukan kepada guru SDN 1 Nagrikidul sebanyak 30 guru yang hadir. Kegiatan pengabdian dimulai dengan langkah-langkah membuat akun Quizizz, cara membuat pertanyaan, berbagi pertanyaan dengan siswa, dan menyimpan penilaian siswa.  Diawal dan diakhir kegiatan pengabdian, guru mengisi kuesioner  bertujuan untuk mengukur pengetahuan guru dalam menggunakan aplikasi Quizizz. Hasil survei diawal kegiatan menunjukkan bahwa hanya 23,3% guru yang pernah menggunakan aplikasi Quizizz dan 76.7% guru belum pernah menggunakan aplikasi Quizizz sebagai alternatif pembelajaran. Sedangkan hasil survei di akhir pengabdian menunjukkan  90,7% guru menjawab bahwa kegiatan pengabdian bermanfaat dan pentingnya pembelajaran menggunakan aplikasi Quizizz disaat situasi Covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJOCSEE

Publisher

Subject

Engineering Other

Description

Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE) by Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International ...