JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat
Vol 2, No 1 (2021): FEBRUARI

SOSIALISASI DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DAN PEMUDA KARANG TARUNA CILANDAK BARAT

Fajar Septian (Universitas Pamulang)
Ari Syaripudin (Universitas Pamulang)
Dimas Abisono Punkastyo (Universitas Pamulang)
Fajar Agung Nugroho (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Media online adalah metode untuk memperkenalkan dan memasarkan suatu produk atau informasi seperti memberikan sebuah iklan. Saat ini media online merupakan hal yang sangat penting pada proses transaksi penjualan dan pengenalan produk untuk mendapatkan informasi dari produk yang ditawarkan. Dengan metode media online penawaran dan pendataan barang yang terjual akan lebih cepat, mudah dan rapi. Para pelaku wiraswasta di Kelurahan Cilandak Barat umumnya tidak memiliki pendidikan formal yang tinggi, ketrampilan khusus yang dimiliki terbatas dan sangat kekurangan modal kerja. Oleh sebab itu, produktivitasnya dan pendapatan mereka cenderung lebih rendah daripada kegiatan-kegiatan bisnis lainnya. Pertumbuhan industri e-commerce per tahun yang mencapai 50 persen ditambah dengan pengguna smartphone yang terus bertumbuh merupakan peluang yang sangat besar untuk pelaku UMKM yang digerakan oleh Pemuda Karang Taruna dalam meningkatkan penjualan produk mereka. Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dirancang di Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang dan dilaksanakan di gedung I-Tech Center bagi Pemuda Karang Taruna Kelurahan Cilandak Barat. Pelaksanaan PkM dibagi menjadi lima bagian yaitu tahap diskusi anggota dan pendampingan, tahap ini akan dilakukan apa saja yang diperlukan untuk program pelatihan dan melihat bagaimana karakteristik Pemuda Karang Taruna. Selain itu juga melihat produk apa saja yang sudah mereka hasilkan. Tahap pembentukan struktur organisasi dilakukan agar setiap anggota dapat bertanggung jawab dengan tugas yang telah dibagi dan semua tugas atau kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Tahap pelaksanaan yaitu bagaimana kita memberi pelatihan kepada Pemuda Karang Taruna di Kelurahan Cilandak Barat. Tahap pelatihan dasar, menengah, dan secara spesifik, tahap ini bertujuan untuk melatih Pemuda Karang Taruna agar mengerti teknik Digital Marketing. Tahap evaluasi dilakukan setelah pelatihan berlangsung guna melihat kekurangan atau kendala yang timbul setelah adanya pelatihan tersebut. Tujuan tahap ini yaitu untuk mengamati serta menganalisis keberhasilan pelatihan ini. Hasil simpulan ini akan dijadikan dasar dalam pembuatan laporan PkM dan juga sebagai acuan dalam pengembangan PkM selanjutnya. Tahap pembuatan laporan adalah tahap akhir dari tahap program ini. Tahap ini dilakukan untuk menyusun semua data yang telah didapat dari kegiatan sebelumnya agar dalam penyusunannya diperoleh hasil yang lebih baik. Dengan adanya pelatihan digital marketing mampu membantu meningkatkan penghasilan masyarakat yang digerakan oleh Pemuda Karang Taruna Kelurahan Cilandak Barat sekaligus dalam rangka pengembangan produktivitas dan dapat membantu pemasaran produk dengan cara yang berbeda serta mampu mengembangkan produk yang lebih menarik dan inovatif. Selain itu, konsumen dapat lebih mudah dan efisien dalam membeli produk tanpa harus datang ke tempat penjualnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAMAIKA

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarkaat menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang pengabdian masyarakat yang mencakup bidang keilmuan yang relevan dengan: sosial, kependidikan, teknologi, sains, hukum, bahasa, ekonomi dan kewirausahaan dari berbagai kalangan akademisi baik nasional maupun ...