Lahirnya sebuah buku, dipengaruhi oleh beberapa aspek yaitu pengarang, percetakan, penerbit dan distributor. Untuk mendukung perkembangan ke empat aspek tersebut peran teknologi sangat dibutuhkan. Dewasa ini banyak penerbit memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk mempromosikan buku hasil terbitannya. Namun hal tersebut terkadang tidak mempengaruhi ketertarikan pembaca dalam pemilihan buku bacaannya. Melihat banyaknya buku yang beredar di pasaran dengan segala kelebihan dan kelemahannya maka diperlukan sebuah sistem prediksi untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi rating penjualan buku untuk menghasilkan sebuah buku yang memenuhi kriteria pembaca. Teknik data mining yang digunakan dalam prediksi rating penjualan buku ini menggunakan metode Naïve Bayes. Naïve Bayes diterapkan untuk mencari nilai probabilitas terbesar dalam setiap variabel yang ada. Variabel yang digunakan untuk memprediksi rating penjualan buku terdiri dari kategori buku, genre, harga, sampul, penerbit, kategori usia dan rating. Dari penelitian ini diperoleh tingkat akurasi sebesar 74,60 %, recall 83,62 % dan presisi 80,61 % . Kata Kunci: buku, data mining, naïve bayes, sistem prediksi.
Copyrights © 2017