Duta.com : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol 13 No 1 (2017)

Penerapan Data Mining Untuk Prediksi Rating Penjualan Buku Menggunakan Metode Naive Bayes

Sulastri Sulastri (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Yusuf Sulistyo Nugroho (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2017

Abstract

Lahirnya sebuah buku, dipengaruhi oleh beberapa aspek yaitu pengarang, percetakan, penerbit dan distributor. Untuk mendukung perkembangan ke empat aspek tersebut peran teknologi sangat dibutuhkan. Dewasa ini banyak penerbit memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk mempromosikan buku hasil terbitannya. Namun hal tersebut terkadang tidak mempengaruhi ketertarikan pembaca dalam pemilihan buku bacaannya. Melihat banyaknya buku yang beredar di pasaran dengan segala kelebihan dan kelemahannya maka diperlukan sebuah sistem prediksi untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi rating penjualan buku untuk menghasilkan sebuah buku yang memenuhi kriteria pembaca. Teknik data mining yang digunakan dalam prediksi rating penjualan buku ini menggunakan metode Naïve Bayes. Naïve Bayes diterapkan untuk mencari nilai probabilitas terbesar dalam setiap variabel yang ada. Variabel yang digunakan untuk memprediksi rating penjualan buku terdiri dari kategori buku, genre, harga, sampul, penerbit, kategori usia dan rating. Dari penelitian ini diperoleh tingkat akurasi sebesar 74,60 %, recall 83,62 % dan presisi 80,61 % . Kata Kunci: buku, data mining, naïve bayes, sistem prediksi.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

dutacom

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Duta.Com is an article journal in the field of Information Technology and Communication, published in February and August are published annually by the Institute for Research and Service, Faculty of Computer Sciences, University Duta Bangsa Surakarta. The aim is to share, develop, facilitate ...