Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2018)

Pengaruh Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Didik Taman Kanak-Kanak




Article Info

Publish Date
01 Mar 2018

Abstract

Pendidikan anak usia dini salah satu bentuk layanan pendidikan bagi anak sampai memasuki tahap pendidikan dasar. Pendidikan disarankan untuk mengembangkan potensi anak seoptimal mungkin dengan tahap tumbuh kembang anak melalui kegiatan bermain sambil belajar. Dalam memberikan layanan pendidikan, guru taman kanak-kanak memegang peranan di dalam menentukan pencapaian pendidikan yang berlangsung di dalam kelas, untuk itu salah satu upaya yang dapat dilakukan guru dalam hubungannya dengan anak adalah meningkatkan perkembangan sosial emosional. Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004 menyatakan bahwasanya ada aspek-aspek. Pada penelitian ini menggunakan menggunakan quasi ekperimental desain. Metode ini menggunakan kelas kontrol atau kelas pembanding. Desain yang digunakan adalah nonequivalent control group. Setelah diketahui bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen, selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji beda. Data yang digunakan dalam pengujian hipotesis dalam penelitian ini ialah data selisih antara skor rata-rata post-test dengan skor rata-rata pre-test pada kelompok eksperimen dan pada kelompok kontrol. Dari pengujian hipotesis kemampuan sosial anak diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,797 > 1,701 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan sosial anak yang diajarkan dengan metode bermain peran lebih baik daripada rata- rata kemampuan sosial anak usia dini yang diajar dengan metode Daring atau dengan kata lain metode bermain peran berpengaruh positif terhadap kemampuan sosial anak usia dini di Taman Kanak – Kanak As- Salamah Tahun 2019/2020.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

thalaba

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Thalaba: Pendidikan Indonesia merupakan jurnal keguruan dan ilmu pendidikan yang memuat artikel mengenai kajian, telaah, penelitian, perkembangan pemikiran, atau hasil temuan ilmiah dibidang konseling dan ilmu pendidikan. Jurnal ini diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ...