Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2018)

PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN SEKOLAH PADA SISWA SMP

Elok Puji Sukriyah (SMP Darul Ulum Tapen)
Bakhrudin All Habsy (Universitas Darul Ulum)
Ely Roy Madoni (Universitas Darul Ulum)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengientifikasi: 1) Bagaimana motivasi melanjutkan sekolah pada siswa SMP Darul Ulum Tapen. 2) Mengetahui pengaruh Layanan Informasi Terhadap Motivasi Melanjutkan Sekolah Pada Siswa SMP Darul Ulum Tapen. Dalam hal ini peneliti berpandangan bahwa variabel X tersebut sangat berpengaruh terhadap Motivasi melanjutkan sekolah pada umumnya. Penelitian ini dilakukan di SMP Darul Ulum Tapen, dimana jumlah sampel siswa sebanyak 36 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi melanjutkan sekolah pada siswa kelas VIII SMP Darul Ulum Tapen tergolong memiliki motivasi melanjutkan sekolah yang baik. Secara rinci dapat disebutkan bahwa sebanyak 2 responden (5.56%) memiliki skor sangat baik, 30 responden (83.33%) memiliki skor baik, dan sebanyak 4 responden (11.11%) memiliki skor cukup baik. Layanan Informasi terhadap Motivasi Melanjutkan Sekolah Pada Siswa SMP Darul Ulum Tapen mempunyai pengaruh yang signifikan. Hal ini didukung setelah melakukan analisis data dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana yang perhitungannya dibantu dengan menggunakan SPSS versi 20 maka dapat diperoleh thitung sebesar 7,823 lebih besar dari ttabel 2,032 pada taraf nyata 0,05 dengan koefisien determinasi ganda sebesar 0,632 atau 63,2% dengan probabilitas kesalahan 0,000. Ini berarti hipotesis pertama menyatakan ada pengaruh Layanan Informasi terhadap Motivasi Melanjutkan Sekolah Pada Siswa SMP Darul Ulum Tapen. Kemudian variabel bebas yang dimasukkan dalam model penilaian mempunyai kontribusi sebesar 63,2% yang sisanya sebesar 36,8% dipengaruhi oleh variabel bebas lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian yang signifikan atau hasil yang menggambarkan adanya pengaruh Layanan Informasi terhadap Motivasi Melanjutkan Sekolah Pada Siswa SMP Darul Ulum Tapen. Maka pihak sekolah atau pihak guru hendaknya selalu memperhatikan aspek layanan informasi agar dalam pencapaian terhadap motivasi melanjutkan sekolah dapat meningkat dengan baik

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

thalaba

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Thalaba: Pendidikan Indonesia merupakan jurnal keguruan dan ilmu pendidikan yang memuat artikel mengenai kajian, telaah, penelitian, perkembangan pemikiran, atau hasil temuan ilmiah dibidang konseling dan ilmu pendidikan. Jurnal ini diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ...