Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia
Vol. 1 No. 1 (2018)

KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI PERMAINAN BENTENGAN TERHADAP ERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA TK

Fita Harisatul Mufidah (TKIT Al Ummah)
Bakhrudin All Habsy (Universitas Darul Ulum)
Dimas Heri Suroso (Universitas Darul Ulum)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian experiment, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan Quasi Experimental Designs menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh jumlah murid TKIT Al Ummah yang berjumlah 74 perserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analis yang digunakan yaitu t-test independent sample. Sebelum menguji hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah uji prasayarat terpenuhi langkah selanjutnya yaitu uji hipotesis. Metode analisis yang digunakan adalah Independent Sample T-Test, berdasarkan table output “Independent Samples Test” pada bagian “Equal Variances Assumed” diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar ,000 < 0,05 maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh (efektif) layanan bimbingan kelompok melalui permainan bentengan terhadap perkembangan sosial-emosional anak kelompok B.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

thalaba

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Thalaba: Pendidikan Indonesia merupakan jurnal keguruan dan ilmu pendidikan yang memuat artikel mengenai kajian, telaah, penelitian, perkembangan pemikiran, atau hasil temuan ilmiah dibidang konseling dan ilmu pendidikan. Jurnal ini diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ...