Penelitian ini termasuk penelitian experiment, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan Quasi Experimental Designs menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh jumlah murid TKIT Al Ummah yang berjumlah 74 perserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analis yang digunakan yaitu t-test independent sample. Sebelum menguji hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah uji prasayarat terpenuhi langkah selanjutnya yaitu uji hipotesis. Metode analisis yang digunakan adalah Independent Sample T-Test, berdasarkan table output “Independent Samples Test” pada bagian “Equal Variances Assumed” diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar ,000 < 0,05 maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t test dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh (efektif) layanan bimbingan kelompok melalui permainan bentengan terhadap perkembangan sosial-emosional anak kelompok B.
Copyrights © 2018