Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orangtua dan prestasi belajar siswa KB Harapan Bunda Menturus Kudu Jombangtahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan korelasi. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa KB Harapan Bunda Menturus Kudu Jombangyang berjumlah 49 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen skala dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Hasil uji validitas butir untuk skala perhatian orangtua dari 40 butir dinyatakan valid semua. Reliabilitas alpha untuk skala perhatian orangtua sebesar 0,996. sedangkan uji persyaratan menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan perhatian orangtua dengan prestasi belajar siswa KB Harapan Bunda Menturus Kudu Jombangtahun ajaran 2020/2021. Hal tersebut ditunjukan dengan nilai signifikansi (sig) pada hasil perhitungan lebih kecil dari pada 0,05 yaitu 0,005 (0,005 < 0,05), dan melalui hasil yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung 8,616 > Ftabel 4,05. Sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orangtua dan prestasi belajar siswa.
Copyrights © 2018