Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia
Vol. 3 No. 1 (2020)

PERANAN KONSELING INDIVIDU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA MADRASAH IBTIDAIYYAH

Lutfiyatul Jauhariyati (Madrsah Ibtidaiyyah Mejono Keras Diwek Jombang)
Siti Arifah (Universitas Darul Ulum)
Suhudi Suhudi (Universitas Darul Ulum)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2020

Abstract

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Hal ini didukung dengan beberapa fakta yaitu kekayaan alam yang melimpah dan keanekaragaman hayati, kemajemukan sosial budaya, dan jumlah penduduk yang besar. Oleh karena itu, bangsa indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi negara yang maju, adil, makmur, berdaulat, dan bermartabat. Namun demikian, untuk mewujudkan itu semua kita masih menghadapi permasalahan yang kompleks. Mulai dari politik, ekonomi dan sosial-budaya. Untuk menghadapi masalah-masalah tersebut dan menghadapi persaingan yang tinggi untuk menjadi indonesia yang lebih maju diperlukan penguatan Karakter disiplin para siswa kita. Permasalahan yang dialami Indonesia pada saat ini tidak bisa lepas dari proses pendidikan yang ada. Hal ini disebabkan karena masalah konselingan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah internalisasi nilai-nilai dalam pendidikan masih kurang. Saat ini, proses pendidikan yang ada hanya mengedepankan aspek keilmuan dan kecerdasan siswa. Adapun aspek moral dan etis sebagai basis pembentukan Karakter disiplin dan budaya bangsa tidak begitu diperhatikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Konseling Individu, bentuk layanan Konselingpada anak kelas 3 Madrsah Ibtidaiyyah mejono keras diwek jombang pada tahun ajaran 2020/2021. Secara rinci penelitian ini untuk memperoleh jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang terkait pengaruh bentuk layanan Konselingindividual yaitu layanan pengumpulan data, layanan informasi, layanan penempatan, layanan konseling. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juli sampai dengan minggu ke tiga bulan Agustus 2020. Di lembaga Madrasah Ibtidaiyyah Mejono Keras Diwek Jombang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan metode triangulasi data. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sudah cukup baik dalam implementasi bentuk layanan KonselingIndividu dengan adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan psikolog dan wali siswa kelas 3. Hal ini didapat dari adanya perencaan kegiatan hingga tahap evaluasi dan tindak lanjut dalam pengaruh bentuk layanan Konselingindividu pada anak kelas 3.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

thalaba

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Thalaba: Pendidikan Indonesia merupakan jurnal keguruan dan ilmu pendidikan yang memuat artikel mengenai kajian, telaah, penelitian, perkembangan pemikiran, atau hasil temuan ilmiah dibidang konseling dan ilmu pendidikan. Jurnal ini diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ...