Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2018)

Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Minarsih (Universitas Darul Ulum)
Meilina Juwita Andini (Universitas Darul Ulum)
Suhudi (Universitas Darul Ulum)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2018

Abstract

Kesibukan orang tua terkadang menjadikan anak kurang mendapatkan perhatian khusus untuk menunjang proses pembelajaran anak sehingga prestasi anak kurang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN Brodot II Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN Brodot II Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Brodot II Tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 102 anak. Sampel yang diambil sebanyak 41 siswa dari seluruh siswa SDN Brodot II. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 21. Teknik pengujian Hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Sebelum dilakukan uji analisis, dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukan dengan koefisien korelasi sebesar 0,868 > r tabel 0,213 dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 dengan tingkat hubungan sangat kuat. Koefisieni (r2) sebesar 75,3%, hal ini menunjukan perhatian orang tua berpengaruh 75,3% pada hasil belajar siswa sedangkan sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain seperti gaya belajar, motivasi belajar, kesulitan belajar, dan lain-lain.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

thalaba

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Thalaba: Pendidikan Indonesia merupakan jurnal keguruan dan ilmu pendidikan yang memuat artikel mengenai kajian, telaah, penelitian, perkembangan pemikiran, atau hasil temuan ilmiah dibidang konseling dan ilmu pendidikan. Jurnal ini diterbitkan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ...