PENTANA: Jurnal Penelitian Terapan Kimia
Vol 3, No 1 (2022): April 2022

Karakterisasi Kimia Keripik Terung Belanda (Solanum Betaceum) Berbasis Ketahanan Pangan Berkelanjutan

Fahmi Arifan (Prodi S-Tr Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Departemen Teknologi Industri, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro)
Wisnu Broto (Prodi S-Tr Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Departemen Teknologi Industri, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro)
Siti Fatimah (Prodi S-1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro)
Oktaviani Kusuma Wardani (Prodi S-Tr Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Departemen Teknologi Industri, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Terong Belanda memiliki nutrisi yang cukup tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh salah satunya vitamin, mineral, lemak, antioksidan dan serat. Dalam setiap 100gram terong belanda terdapat 85gram air, 1,5gram protein, 0,006-1,28gram lemak, 10gram karbohidrat, 1,4-4,2gram serat, vitamin A, dan vitamin C. Buah ini juga mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk melawan berbagai penyakit kronis. Terong belanda sering diolah menjadi selai, sirup, namun pada penelitian ini terong belanda diinovasi menjadi keripik. Keripik terong belanda diolah menggunakan variabel bebas waktu pematangan terong belanda, suhu oven dan lama oven yang menggunakan metode RAL design (RAL) dengan pengolahan data statistik menggunakan aplikasi SPSS. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa lama penggorengan 10 menit, terong belanda matang 0 hari dan suhu oven 90 oC, kadar air 18,8%, sedangkan lama penggorengan 30 menit, terong belanda matang 0 hari dan suhu oven 90 oC. 10,2% kandungan air. Waktu penggorengan dan suhu penggorengan menjadi salah satu variabel yang paling berpengaruh terhadap karakterisasi keripik terong belanda.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pentana

Publisher

Subject

Chemistry

Description

PENTANA: Jurnal Penelitian Terapan Kimia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Departemen Teknologi Industri, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro. Artikel pada jurnal ini diterbitkan 3 kali dalam setahun. Pentana sebagai media ...