IKRA-ITH Humaniora : Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 5 No 3 (2021): IKRAITH-HUMANIORA Vol 5 No 3 November 2021

Keputusan Berkunjung Wisatawan: Analisis Peran Electronic Word Of Mouth Di Media Sosial Instagram

Dinda Elsya (Universitas Persada Indonesia Y.A.I)
Siti Komsiah (Universitas Persada Indonesia Y.A.I)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti untuk meneliti pengaruhelectronic word of mouth di media sosial Instagram terhadap keputusan berkunjung, surveipada pengunjung objek wisata Jakarta Aquarium. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui seberapa besar pengaruh dari electronic word of mouth di media sosialInstagram terhadap Keputusan Berkunjung di objek wisata Jakarta Aquarium). Penelitianini menggunakan teori Computer Mediated Communicatinon (CMC). Metode penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendektaneksplanatif. Populasi penelitian ini adalah pengunjung objek wisata Jakarta Aquariumdengan responden 100 orang. Dalam menentukan sampel digunakan metode nonprobability sampling dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposivesampling. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder.Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS 25.Hasil penelitian ini adalahelectronic word of mouth di media sosial Instagram memiliki pengaruh yang signifikanterhadap keputusan berkunjung di objek wisata Jakarta Aquarium sebesar 40,2%,sedangkan sisanya 59,8% dipengaruhi variable lain yang tidak termasuk dalam penelitianini.

Copyrights © 2021