TRANSAKSI
Vol 11 No 1 (2019): TRANSAKSI

ANALISIS STIMULUS-ORGANISM-RESPONSE MODEL PADA “DOVE CAMPAIGN FOR REAL BEAUTY” 2004 – 2017

Antonius Widi Hardianto (Administrasi Bisnis Atma Jaya)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2019

Abstract

Stimulus-organism-response model (SOR) dalam pemasaran adalah suatu model yang menjelaskanbagaimana suatu rangsangan (stimulus) ditangkap oleh panca indera konsumen (organism), dankemudian dipersepsikan, sehingga menghasilkan respon (response). Tujuan penelitian ini adalahuntuk menganalisis efektivitas suatu rangsangan agar menghasilkan respon yang diinginkan olehpemasar, dan memahami bagaimana penerapan SOR model dalam pemasaran. Objek yang ditelitidalam penelitian ini adalah kampanye kecantikan yang dibuat oleh Dove, suatu merek yangmenjual produk personal care. Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang berjenisevaluation research, dimana di dalam penelitian ini efektivitas kampanye Dove dipelajari. Metodepenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekataninterpretivis. Pada hasil penelitian ini, diungkapkan bahwa kampanye Dove yang dilakukan selama10 tahun efektif untuk mencapai tujuan pemasar. Namun, tidak demikian dengan kampanye yangdibuat pada tahun 2017.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

transaksi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

TRANSAKSI merupakan jurnal ilmiah Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis yang diterbitkan pertama kali secara cetak pada September 2008 (SK No. 0005.30/Jl.3.02/SK.ISSN/2008.09). Jurnal TRANSAKSI terbit 2 kali dalam setahun di bulan Mei dan Desember. Fokus dan Ruang Lingkup Transaksi menerbitkan ...