Stimulus-organism-response model (SOR) dalam pemasaran adalah suatu model yang menjelaskanbagaimana suatu rangsangan (stimulus) ditangkap oleh panca indera konsumen (organism), dankemudian dipersepsikan, sehingga menghasilkan respon (response). Tujuan penelitian ini adalahuntuk menganalisis efektivitas suatu rangsangan agar menghasilkan respon yang diinginkan olehpemasar, dan memahami bagaimana penerapan SOR model dalam pemasaran. Objek yang ditelitidalam penelitian ini adalah kampanye kecantikan yang dibuat oleh Dove, suatu merek yangmenjual produk personal care. Penelitian ini merupakan penelitian terapan yang berjenisevaluation research, dimana di dalam penelitian ini efektivitas kampanye Dove dipelajari. Metodepenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekataninterpretivis. Pada hasil penelitian ini, diungkapkan bahwa kampanye Dove yang dilakukan selama10 tahun efektif untuk mencapai tujuan pemasar. Namun, tidak demikian dengan kampanye yangdibuat pada tahun 2017.
Copyrights © 2019