Naturalistic : Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2a (2020): NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran

PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI GURU, KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MTs AL-MUQOWAMAH SINGAPARNA TASIKMALAYA

Neneng Arni Nuraeni (STIA YPPT PRIATIM Tasikmalaya)
Idrus Affandi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ani Heryani (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi YPPT Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi kebijakan dan kompetensi guru terhadap kinerja guru MTs Al-Muqowamah Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan hipotesis penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara kebijakan sertifikasi guru terhadap kinerja guru di MTs Al-Muqowamah, dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru terhadap kinerja guru di MTs Al Muqowamah. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa Impementasi kebijakan sertifikasi guru di MTs Al-Muqowamah Tasikmalaya termasuk tinggi dengan skor tertinggi sebesar 153 poin, kompetensi guru sudah termasuk baik, dimana nilai tertinggi sebesar 151 point, dan kinerja guru termasuk kategori tinggi, dimana nilai terbesar adalah 151 point. Melihat dari hal tersebut mengindikasikan bahwa persepsi terhadap implementasi kebijakan sertifikasi guru telah sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh responden. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh implementasi kebijakan sertifikasi guru terhadap kinerja guru di MTs Al-Muqowamah Tasikmalaya, analisis jalur path variabel implementasi kebijakan memiliki koefesiensi sebesar 0,592. Adapun pengaruh langsung dan tidak langsung sebesar 1%. Terta terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru di MTs Al-Muqowamah Tasikmalaya dimana variabel kompetensi guru (x2) mempunyai koefesiensi jalur 0,419. Adapun pengaruh langsung dan tidak langsung sebesar 32.6%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

naturalistic

Publisher

Subject

Education

Description

Lingkup artikel yang diterima adalah: 1. Metodologi Pembelajaran (Pendekatan, Media, Metode, Model, Strategi) 2. Pedagogik 3. Filsafat Pendidikan 4. Psikologi Pendidikan 5. Kurikulum 6. Pendidikan Agama 7. Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pembelajaran, IPA, IPS, PKn, B. Indonesia, Matematika, B. ...