Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Ainun Rahmi (Universitas Malikussaleh)
Nuraina Nuraina (Universitas Malikussaleh)
Yeni Listiana (Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun runag sisi datar bagian kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan ialah quasi experimental design dengan rancangan penelitian the nonequivalent posttest-only control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Tenggara tahun ajaran 2020/2021. Sampel pada penlitian ini merupakan siswa kelas VIII-A dan siswa kelas VIII-B yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berupa post test. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisis menggunakan softwere SPSS 18. Nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 13,56 dan 11,32. Dari hasil uji-t diperoleh hasil Significan 2-tailed <  (0,009 < 0,05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan analisis tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada  materi bangun ruang sisi datar kelas VIII  MTsN 2 Aceh Tenggara.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...