Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol 1, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN STRATEGI THINK, TALK AND WRITE (TTW) TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP

Samsinar Samsinar (Universitas Malikussaleh)
Hayatun Nufus (Universitas Malikussaleh)
Erna Isfayani (Universitas Malikussaleh)
Fajriana Fajriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa perlu kiranya diterapkan model pembelajaran missouri mathematics project dan diikuti strategi yang sejalan dengannya yaitu strategi think, talk and write. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran missouri mathematics project dengan strategi think, talk and write terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas VIII SMPN 2 Teupah Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksprimen Design dengan rancanagan Nonequivalent Control Group Desain. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik Purporsive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Seunagan, sedangkan yang menjadi sampel adalah dua kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelas ekperimen dan kelas VIIIb sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dilakukan sebelum dan sesudah diberi perlakuan pada salah satu kelas. Pengujian data menggunakan uji hipotesis berbaantuan Software SPSS 18.  Berdasarkan uji T t-test for Equality of Means diperoleh signifikan 0,000 < taraf signifikan  berarti tolak H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project dengan strategi think, talk and write terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...