Prosiding Seminar Nasional Universitas Serambi Mekkah
Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Nasional USM

PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMR)

Muhamad Saleh (Universitas Serambi Mekkah)
Muhammad Isa (Universitas Serambi Mekkah)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2017

Abstract

Materi matematika sekolah didominasi oleh materi yang bersifat abstrak. Materi yang bersifat abstraktersebut lebih mudah dipahami oleh siswa jika kegiatan belajar yang mereka lakukan, “dihadapkan” dengan hal yang konkret (dunia yang sudah mereka kenal sebelumnya). Penerapan modelpembelajaran kooperatif melalui pendekatan PMR, diharapkan dapat membantu siswa memahamikonsep matematika tersebut, yaitu memahami makna dan maksud dari apa yang dia kerjakan. Tidaksedikit siswa yang mampu menyelesaikan masalah matematika sekolah, namun mereka tidakmemahami apa yang dia hasilkan dan yang dia kerjakan. Lebih lanjut siswa akan memilikikemampuan memecahkan masalah yang berhubungan dengan matematika dan prosedur penyelesaianmatematika. Selanjutnya kegiatan belajar siswa melalui kerja kelompok akan menanamkan sertamembentuk karakter yang menghargai pendapat orang lain. Pada akhirnya, melalui pembelajarankooperatif dengan pendekatan PMR diharapkan siswa: 1) mampu memahami makna apa yang merekalakukan; 2) menghargai pendapat orang lain; 3) bertanggung jawab; 4) memiliki kemampuanmatematika yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan; 5) dapat meningkatkan prestasibelajar matematika siswa.

Copyrights © 2017