Tingginya nilai hambatan samping pada suatu ruas jalan akan menyebabkan penurunan pada arus lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan kelancaran arus lalu lintas pada beberapa kondisi hambatan samping. Penelitian yang dilakukan meliputi survei mengenai volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, dan hambatan samping. Penelitian dilakukan selama 7 hari. Lokasi penelitian di Jalan Prof. A. Majid Ibrahim Kota Sigli, Panjang segmen lokasi penelitian adalah 350 meter. Dari hasil survei didapat data yang selanjutnya akan dihitung menggunakan Pedoman Kapasita Jalan Indonesia (PKJI 2014) untuk jalan perkotaan. Dari data survei dan kemudian diolah menggunakan pedoman PKJI 2014 didapat arus lalu lintas tertinggi pada hari minggu sebesar 785,1 skr/jam. Kecepatan kendaraan rata-rata 25.28 km/jam, bobot hambatan samping sebesar 875,06 dengan kelas hambatan samping tinggi (T), kapasitas ruas jalan (C) sebesar 2.597,25 skr/jam, derajat kejenuhan (DJ) 0,30 dan tingkat pelayanan jalan B yaitu kondisi arus lalu lintas stabil, tetapi kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas.
Copyrights © 2022