Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0
Vol 2, No 2 (2021): Jurnal Teknologi Terapan & Sains

Efektifitas Penerapan Metode Pemberian Tugas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di MTSs Al-Zahrah Kabupaten Bireuen

Zuraida Maryana (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2021

Abstract

Efektifitas penerapan metode pemberian tugas terhadap motifasi belajar siswa pada mata pelajaran  PAI di MTSs Al-Zahrah Kabupatrn Bireuen tujuannya hanyalah untuk meningkatkan prestasi siswa. Pada umumnya, siswa kelas 1 MTSs Al-Zahrah  masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran  sehingga motivasi belajarnya menjadi rendah . Salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar siswa di pengaruhi oleh metode yang digunakan oleh guru yang konvensional sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode yang dapat memotivasi siswa agar ingin belajar yaitu dengan metode pemberian tugas atau metode resitasi. Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode pemberian tugas pada pembelajaran PAI (2) Untuk mengetahui apakah dengan metode pemberian tugas efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di MTSs Al-Zahrah. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk Pre- Experimental design, pendekatan yang digunakan yaitu Kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa MTSs Al-Zahrah ,sedangkan teknik sampel dalam penelitian ini adalah Sampling jenuh. Sampel yaitu siswi kelas 1 MTSs Al-Zahrah a. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obsevasi lapangan, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil penelitian mengunakan analisis deskriptif dan analisis statistik untuk menguji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dan uji N-Gain. Hasil penilitian ini adalah motivasi belajar siswa sebelum penerapan metode pemberian tugas dengan nilai rata-rata 76,3. Sedangkan untuk motivasi belajar setelah penerapan metode pemberian tugas dengan nilai rata-ratanya 86.Melalui uji hipotesis diperoleh nilai Sig = 0,000 < 0,005 dengan rata-rata yaitu 0,4638 berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil ini dapat diketahui bahwa metode pemberian tugas efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 46,3% sedangkan sisanya sebesar 53,7% dipengaruhi faktor lain. Dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh penerapan metode pemberian tugas terhadap motivasi belajar karena pengaruh tersebut sebesar 86%. Maka diduga ada sebesar 14% faktor lain yang berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal tersebut diduga adalah lingkungan.(2) Penerapan metode pemberian tugas efektif meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di kelas 1 MTSs Al-Zahrah dengan kategori sedang. (3) Selain penerapan metode pemberian tugas terdapat faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu dari lingkungan keluarga, peran guru , adanya cita-cita dan lingkungan teman. Kata Kunci: Efektivitas, Metode pemberian tugas, Motivasi belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tts

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Teknologi Terapan & Sains 4.0 merupakan media informasi dan komunikasi para akademisi, peneliti, dan praktisi yang berkecimpung dan menaruh minat serta perhatian pada pengembangan teknologiyang berisi hasil-hasil penelitian, kajian, pemikiran, dan analisis mengenai ilmu-ilmu keinformatikaan. ...