MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 2, No 1 (2022)

POLA KOMUNIKASI PEKERJA FULL REMOTE WORKING (STUDI KASUS PADA PEKERJA VISUALABS)

Yovita Riski Aulia Dindi (Amikom Yogyakarta University)
Riski Damastuti (Amikom Yogyakarta University)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi dan hambatan yang terjadi pada pekerja full remote working dengan studi kasus pada pekerja Visualabs Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teori computer mediated communication (CMC) karena model CMC dapat mempelajari bagaimana perilaku manusia dibentuk melalui pertukaran informasiĀ  lewat teknologi komunikasi digital. Teknik pengumpulan data diambil melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penilitian ini adalah Chief Executive Officer (CEO), Human Resource Development (HRD), Customer Service (CS), Customer Service (CS), dan Designer Visualabs Indonesia yang telah ditentukan mengguankan teknik sampling purposive. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi yang terjadi pada pekerja Visulabs adalah pola komunikasi all channel. Proses komunikasi dilakukan melalui komputer dan alat elektronik lainnya sebagai media perantara untuk berbagi informasi, ide, audio dan video yang disebut dengan CMC. Hambatan komunikasi yang terjadi di Visualabs, yaitu miss komunikasi, miss persepsi, kesulitan dalam menunjukan ekspresi, hubungan sosial kurang terbangun, hanya bisa berteman melalui media sosial, komunikasi lebih berorientasi kepada pekerjaan, karyawan membatasi hubungan profesional dan non professional.Kata Kunci: Kerja Remote, Komunikasi Termediasi Komputer, Pola Komunikasi, Komunikasi Virtual

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

massive

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi menerbitkan artikel ilmiah berisi hasil penelitian atau pemikiran konseptual terkini bidang ilmu komunikasi diantaranya adalah broadcasting (televisi, radio, dan film), jurnalistik dan fotografi, jurnalisme data, periklanan, komunikasi pemasaran, komunikasi kesehatan, ...