MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 2, No 1 (2022)

ANALISIS PERAN ASISTEN PRODUSER DI TEMANGGUNG TV MENGGUNAKAN ROLE THEORY

Agustin Reski Lestari (Universitas Respati Yogyakarta)
Umar Basuki (Sinta ID: 6758375
Universitas Respati Yogyakarta)

Yanus Purwansyah Sriyanto (Universitas Respati Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Televisi merupakan salah satu media massa yang potensial dan modern sebagai alat yang sanggup menyebarkan segala informasi dalam waktu yang singkat. Program-program acara televisi yang satu dan yang lainnya menyajikan acara yang beragam. Salah satunya adalah Temanggung TV yang merupakan Lembaga Penyiaran Publik Lokal di bawah naungan Humas Pemerintah Kabupaten Temanggung. Stasiun-stasiun televisi di Indonesia ini senantiasa bersaing dalam menyajikan siaran-siaran yang berkualitas agar dapat diterima dan diminati pemirsa. Dalam setiap program acara yang disajikan terdapat peran penting Produser yang mampu mengatur seluruh kebutuhan program acara tersebut. Penulisan ini adalah jenis penulisan kualitatif. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui Peran Asisten Produser di Temanggung TV ditinjau melalui analisis Role Theory (Teori Peran). Adapun metode penulisan yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu peran asisten produser akan dibahas dengan teori komunikasi peran atau role theory. Hasil penulisan menyatakan bahwa berdasarkan teori peran, peranan seorang asisten produser sangat dominan dan menentukan. Karena pada saat proses produksi berlangsung ia harus mampu membantu segala kebutuhan produser serta bekerjasama dengan seluruh kerabat kerja dan unsur-unsur produksi yang terkait serta diharuskan memiliki kemampuan berfikir dan menuangkan ide atau pemikiran kedalam suatu tulisan (proposal) untuk suatu program acara secara baik dan sistematis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

massive

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi menerbitkan artikel ilmiah berisi hasil penelitian atau pemikiran konseptual terkini bidang ilmu komunikasi diantaranya adalah broadcasting (televisi, radio, dan film), jurnalistik dan fotografi, jurnalisme data, periklanan, komunikasi pemasaran, komunikasi kesehatan, ...