MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 2, No 1 (2022)

STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) TAMAN WISATA JURUG DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Christina Nur Wijayanti (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Surakarta)
Widyantoro Yuliatmojo (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Surakarta)
Ali Arif Setiawan (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagiamana strategi komunikasi pemasaran terpadu atau Integrated Marketing Communication (IMC) yang dilakukan oleh Jurug Solo Zoo dalam menarik kembali minat pengunjung di masa pandemi. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitiatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi dan pengamatan di lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah strategi Integrated Marketing Communication yang dilakukan Jurug Solo Zoo mengkombinasikan dari bentuk-bentuk bauran promosi atau promotion mix dengan tujuan yang sama yaitu menarik kembali minat pengunjung. Bentuk kegiatan yang dilakukan tersebut antara lain adalah advertising, personall selling, direct marketing, sales promotion dan event/sponsorship. Dari beberapa bentuk kegiatan yang dilakukan ini, yang paling efektif menarik minat pengunjung adalah advertising dan personnal selling.Kata kunci: Integrated Marketing Communication, bauran promosi,  Jurug Solo Zoo, penjualan personal, event/sponsorship

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

massive

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi menerbitkan artikel ilmiah berisi hasil penelitian atau pemikiran konseptual terkini bidang ilmu komunikasi diantaranya adalah broadcasting (televisi, radio, dan film), jurnalistik dan fotografi, jurnalisme data, periklanan, komunikasi pemasaran, komunikasi kesehatan, ...