BISMA Cendekia
Vol. 1 No. 2 (2021): BISMA Cendekia - Januari 2021

Analisis Efektifitas Penerimaan Pajak Reklame dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Asli Kota Medan: Analysis of The Effectiveness of Advertisement Tax Receipts and The Contribution To Medan City Original Revenue

LAELISNENI LAELISNENI (a:1:{s:5:"en_US"
s:21:"POLITEKNIK LP3I MEDAN"
})

Nurlela Nurlela (Politeknik LP3I Medan)
Liliy Karlina (Politeknik LP3I Medan)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Peningkatan pendapatan daerah dipengaruhi oleh tingkat kesadaran masyarakat dalam menjalankan kewajibannya terutama dalam membayar pajak. Salah satu sumber pendapatan daerah yaitu pajak iklan. Pajak periklanan adalah salah satu sektor potensial untuk administrasi dan pengembangan administrasi kota di Medan. Penelitian ini dilakukan di Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah di Medan. Penulis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dalam melakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa realisasi tagihan iklan tahun 2015-2016 dan 2016-2017 terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Medan pada 2015-2016 sebesar (65,23%) sedangkan pada 2016-2017 (95,99%) . Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerimaan pajak iklan menggandakan kenaikan. Sedangkan kontribusi penerimaan pajak layanan perbankan untuk 2015-2016 adalah 0,19% dan 2016-2017 adalah 25,5%. Ini menggambarkan bahwa pemerintah Kota Medan belum dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan semua sumber penerimaan pajak reklame untuk layanan perbankan dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi penerimaan pajak reklame pada layanan perbankan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bisma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Focus and Scope An objective of the BISMA Cendekia Journal is to promote the wide dissemination of the results of systematic scholarly inquiries into the broad field of business research. The BISMA Cendekia is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of business ...