EBISMEN Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen
Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen

Pengaruh Kesadaran Fashion Muslim dan Faktor-faktornya Terhadap Konsumsi Fashion Muslim di Indonesia

Listiana Kurnia Dewi (Universitas Islam Indonesia)
Istyakara Muslichah (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2022

Abstract

Fashion muslim pada beberapa dekade terakhir mendapat perhatian besar dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi konsumsi fashion muslim di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran fashion dan beberapa faktornya terhadap konsumsi fashion muslim di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik convenience sampling. Pengujian model dan hipotesis dilakukan menggunakan 180 responden dengan populasi yang merupakan wanita berusia antara 18-55 tahun yang berdomisili di Indonesia yang beragama Islam dan dalam keseharian menggunakan pakaian muslim. Hipotesis penelitian diolah menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) dan software Smart PLS versi 3.0. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sumber pengetahuan fashion muslim, gaya berpakaian dan keunikan fashion muslim memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesadaran fashion muslim. Kesadaran fashion muslim memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap konsumsi fashion muslim. Namun motivasi fashion muslim tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesadaran fashion muslim.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EBISMEN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Maritim AMNI Semarang. Jurnal ini adalah Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk sub rumpun Ekonomi Bisnis Dan ...