Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 1 No 1 (2021): Vol.1. No.1 Februari 2021

PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE KELAS IV SD NEGERI 228 HUTAGODANG

Suriani Matondang (pendidikan guru sekolah dasar)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 228 Hutagodang dengan model pembelajaran Picture and picture. Untuk mengetahui bagaimana peningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 228 Hutagodang dengan model pembelajaran Picture and picture. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 228 yang beralamat di Hutagodang. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian PTK (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, angket dan tes. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 228 yang berjumlah 27 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran picture and picture. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan minat belajar siswa pada siklus I diketahui bahwa siswa yang memiliki minat sangat baik tidak ada atau 0 dan siswa yang memiliki minat baik juga tidak ada atau 0. Kemudian siswa yang memiliki minat cukup sebanyak 22 orang atau 81.48% dan siswa kurang berminat yakni sebanyak 5 siswa atau 18.52%. Adapun hasil dari siklus ke II siswa yang memiliki minat sangat baik berjumlah 19 siswa atau 70.375. Siswa yang memiliki minat baik sebanyak 6 orang atau 22.22%. Kemudian siswa yang memiliki minat cukup sebanyak 2 orang atau 7.41% dan siswa kurang berminat tidak ada atau 0. Berdasarkan hasil tes per siklus di atas diketahui pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 7 orang atau 25.93% sedangkan pada siklus yang ke II siswa yang tuntas sebanyak 24 atau 88.89%. Berdasarkan kriteria ketuntasan prestasi belajar siswa secara klasikal satu kelas dikatakan tuntas belajar apabila di dalam kelas tersebut telah terdapat 80%. dengan perolehan ketuntasan sebesar 88,89% maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture pada siswa kelas IV SD Negeri 228 Hutagodang tuntas secara klasikal

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...