Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 1 No 1 (2021): Vol.1. No.1 Februari 2021

UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI POKOK PERPINDAHAN SUHU DAN KALOR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 101500 BATU GANA

Aminah Aminah (pendidikan guru sekolah dasar)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran nyata tentang 1) Untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan minat belajar IPA siswa dalam menjawab pertanyaan materi perpindahan suhu dan kalor menggunakan Contextual Teaching And Learning  di kelas V SD Negeri Batu Gana Tahun Pelajaran 2019-2020, dan 2) Untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA siswa dalam ranah kognitif tingkat (C2) materi perpindahan suhu dan kalor menggunakan Contextual Teaching And Learning  di kelas V SD Negeri Batu Gana Tahun Pelajaran 2019-2020. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), objek penelitian ini adalah seluruh siswa V SD Negeri Batu Gana. Selanjutnya ditetapkan subjek sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah tes, angket, observasi dan kamera. Kemudian data hasil penelitian diolah dengan teknik analisa data yaitu análisis tes hasil belajar, análisis aktivitas guru dan análisis aktivitas siswa. Hasil tes belajar pada studi awal 30%, siklus I memperoleh persentase sebesar 45%, pada sikllus II adalah persentase sebesar 80%, dan data hasil angket minat belajar siswa pada studi awal 57,07%, siklus I Pertemuan I 66,67, pertemuan II 67,87% dan siklus II Pertemuan I 76,93% dan pertemuan II 81,13%, kemudian persentase observasi responden guru pada siklus I sebesar 68,75% dengan kategori “Cukup” dan siklus II 80,42% dengan kategori “Baik” dan persentase observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 61% dengan kategori “Cukup” dan siklus II 82% dengan kategori “Baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat dan hasil belajar ipa materi pokok perpindahan suhu dan kalor  menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning di kelas V SD Negeri 101500 Batu Gana.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...