PNEUMATIKOS: Jurnal Teologi/Kependetaan
Vol. 12 No. 2 (2022): Januari 2022

Faktor Psikologis dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Pembentukan Karakter Mahasiswa di STAPIN Majalengka

Markus Kusni (Sekolag Tinggi Alkitab Penyebaran Injil (STAPIN) Majalengka)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2022

Abstract

Abstract: STAPIN Majalengka as one of the providers of religious education in Indonesia with a dormitory living system. Through boarding life, it is hoped that a process of character formation and development will occur. Because the purpose of education in addition to producing graduates who excel in academic matters is also required to have superior character. But in boarding life it is not easy to live because this is influenced by several factors. For this reason, this study aims to find out how much psychological factors affect the success of education and character building and character development through boarding life at STAPIN Majalengka. This study uses quantitative methods through field observations by distributing questionnaires to obtain data. The collected data is then processed using SPSS 25 "Model Summary"; the result is the coefficient of determination or R Square is 0.927. R Square value of 0.927 is derived from squaring the value of the correlation coefficient or "R", which is 0.963x 0.9963 = 0.927. The magnitude of the coefficient of determination (R Square) is 0.927 or equal to 92.7%. This figure means that the psychological factor variable (X) stimulantly affects the variable character formation of students at STAPIN MAJALENGKA by 92.7% while the rest (100% - 92.7% = 7.3%) is influenced by other variables outside of regression. this or the unexamined variable. So the conclusion is thatpsychological factors affect the success of education and character building and character development through boarding life at STAPIN Majalengka.Abstrak: STAPIN Majalengka sebagai salah satu penyelenggara pendidikan keagamaan yang adadi Indonesia dengan system hidup berasrama. Melalui kehidupan berasrama diharapkan terjadiproses pembentukan dan pengembangan karakter. Karena tujuan Pendidikan selain menghasilkan lulusan yang berprestasi dalam hal akademik juga dituntut untuk memiliki karakter yangunggul. Namun dalam hidup berasrama ternyata tidak mudah dijalani karena hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapabesar faktor psikologis mempengaruhi keberhasilan Pendidikan dan pembentuk karakter sertapengembangan karakter melalui kehidupan berasrama di STAPIN Majalengka. Penelitian inimenggunakan metode kuantitatif melalui observasi lapangan dengan penyebaran angket untuk mendapatkan data. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan SPSS 25 “ModelSummary” dan hasilnya adalah nilai koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0.927.Nilai R Square 0,927 ini berasal dari pengkuadratan nilai koefisien korelasi atau “R”, yaitu 0,963x0,9963= 0,927. Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,927 atau sama dengan92,7%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel faktor psikologis (X) secara stimulantberpengaruh terhadap variabel pembentukan karakter mahasiswa di STAPIN MAJALENGKAsebesar 92,7% sedangkan sisanya (100% - 92,7% = 7,3%) dipengaruhi oleh variabel lain di luarregresi ini atau variabel yang tidak diteliti. Jadi kesimpulannya adalah faktor psikologismempengaruhi keberhasilan Pendidikan dan pembentuk karakter serta pengembangan karaktermelalui kehidupan berasrama di STAPIN Majalengka

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pneumatikos

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Physics Social Sciences

Description

PNEUMATIKOS merupakan wadah untuk memublikasikan hasil penelitian teologi, baik penelitian literatur maupun lapangan, yang dilakukan oleh para dosen Sekolah Tinggi Teologi STAPIN Majalengka dan STT lain di seluruh Indonesia. Focus dari Jurnal ini ialah: Biblika (Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru) ...