Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 9 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III Mi Al-Hikmah Batu Bota

Kasmiati, Kasmiati ( FKIP UNTAD)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2015

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa kelas III Mi Al-Hikmah batubota pada mata pelajaran IPS. Penelitan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan penerapan metode demonstrasi. Penelitian ini meliputi, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, model Kemmis dan Taggart, kemudian dianalisis secara deskripsi, kuantitatif dan kualitatif. Dengan jumlah siswa 10 orang. Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Hal ini terdapat pada lembar observasi aktivitas siswa dengan guru dalam kegiatan pembelajaran siklus I dan siklus II berada dalam kategori baik, sedangkan berdasarkan hasil tes siklus I siswa tuntas individu sebanyak 8 siswa. Pada siklus II diperoleh ketuntasan belajar klasikal 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Mi Al-Hikmah Batubota Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, IPS, Hasil Belajar.

Copyrights © 2016