Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 11 (2016): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Peningkatan Hasil Belajar IPS Pada Materi Perjuangan Melawan Penjajah dan Pergerakan Nasional Indonesia Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Pada Siswa Kelas V SDN Saladang Kecamatan Lampasio

Jasman, Jasman ( FKIP UNTAD)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2015

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada materi perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia mata pelajaran IPS masih masih jauh dari standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan di sekolah tersebut yaitu 70. Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan Meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Seladang pada mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia melalui metode pembelajaran kooperatif tipe stad. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1). Perencanaan (2). Pelaksanaan (3). Observasi (4). Releksi. Pengumpulan data menggunakan observasi lapangan dan tes tindakan serta hasil observasi guru dan siswa. Hasil pengamatan menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan baik pada aktivitas guru maupun siswa, hasil analisis data menunjukkan ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 70% sedangkan siklus II mencapai 95% dan nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 70,25 sedangkan pada siklus II mencapai 76,75. Jadi penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe stad dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya materi perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe stad; Hasil belajar

Copyrights © 2016