Student Journal of Community Education
Volume 2 No. 1: Agustus 2022

Peran Pendamping Dalam Pengelolaan Program Keluarga Harapan

Dyah Nuriah Linggar Septiyanti (Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Rahmat (Universitas Negeri Gorontalo)
Mohamad Zubaidi (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peran Pendamping dalam pengelolaan Program Keluarga Harapan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif, dengan pendekatan Kualitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Penelitian ini dilatar belakangi dari Peran Pendamping Program Keluarga Harapan sebagai Temuan data dilapangan menunjukan bahwa Keluarga Penerima Manfaat dari Program Keluarga Harapan butuh seorang pendamping agar program tersebut lebih terarah dan dapat memberi manfaat kepada Keluarga Penerima Manfaat, dengan adanya Peran Pendamping dalam Pengelolaan Keluarga Harapan dapat mampu meningkatkan kemampuan dan wawasan yang dapat merubah perilaku dan pola pikir masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendamping memiliki empat peran keterampilan yaitu peran sebagai peran fasilitatif, peran mendidik, peran perwakilan rakyat dan peran teknis. Selama ini pendampingan sudah dilaksanakan hanya saja belum optimal, dikarenakan masalah yang timbul dalam penerimaan bantuan PKH seperti ketidak tepat sasarannya program dan keterlambatan dalam penyaluran bantuan. Namun, Hal ini bukan dari pendamping namun dari pusat yang sifatnya mendadak sehingga menyebabkan pendamping kesulitan dalam pemutakiran data penerima program keluarga harapan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SJCE

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The journal publishes research articles on current issues and trends in nonformal education includes: Educational Life Skills, Management of Education, Early childhood Education, Community education, empowerment and counseling, Education literacy and equality including package A, package B and ...