Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh “Diskusi Whatsapp” sebagai Media Mahasiswa Membuat Kalimat Tanya dalam Bahasa Indonesia

Anggun Citra Dini Dwi Puspitasari (Universitas Indraprasta PGRI)
Rika Riwayatiningsih (Universitas Nusantara PGRI Kediri)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Melihat sejauh mana pemanfaatan whatsapp sebagai tempat untuk mengekspresikan kemampuan mahasiswa dalam diskusi, bertanya, menjawab, mengerjakan yang ditugaskan oleh dosen pengampu; Melihat apakah program yang dibuat oleh dosen berhasil atau tidak; Merancang program baru yang efektif untuk membuat kemampuan mahasiswa menjadi semakin meningkat. Dalam penelitian kualitatif ini, di mana peneliti sekaligus dosen pengampu mengumpulkan semua data dari hasil pekerjaan yang dibuat oleh para mahasiswa pada tahun akademik 2020/2021. Sekaligus, objek penelitian adalah para mahasiswa Bahasa Indonesia 1 kelas S3E Universitas Indraprasta PGRI Jakarta tahun akademik 2020/2021 semester genap. Hasil penelitian berupa Disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menjawab pertanyaan penelitian sebagai berikut Manfaat dari penggunaan forum diskusi perkuliahan menggunakan group whatsapp sebagai tempat untuk mengekspresikan kemampuan mahasiswa dalam membuat kalimat tanya yang ditugaskan oleh dosen pengampu, manfaat program yang dibuat oleh dosen dalam membuat kalimat tanya, merancang program baru yang efektif untuk membuat kemampuan mahasiswa membuat kalimat tanya menjadi semakin meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...